Perkembangan Bayi Usia 10 Hari, Sudah Bisa Apa Saja ??





Perkembangan Bayi Usia 10 Hari, Sudah Bisa Apa Saja ??

Pada umunya pola tidur bayi berbeda beda, salah satu yang mempengaruhinya adalah usia bayi. Bayi yang baru lahir akan memiliki kebiasaan tidur yang sering, pada usia bayi yang baru lahir rata rata memiliki waktu tidur 10-18 jam dalam sehari. Dalam menentukan waktu tidur bayi anda masih sulit pada usia 0-1 bulan, bayi masih memiliki pola tidur yang bergeser dan tidak menentu. Tidur pada bayi dibagi menjadi dua yaitu fase aktif dan fase non aktif. Pada bayi yang baru lahir, hampir 50% bayi menghabiskan fase aktif atau Rapid Eye Movement (REM). Bagi anda yang ingin mengenali pola tidur bayi pada usia 1 bulan maka anda dapat mempelajari tanda tanda bayi mengantuk. Pada minggu pertama hingga minggu kelima, bayi masih memiliki interaksi yang terbatas sekitar satu hingga dua jam, anda dapat mengenali tanda tanda bayi anda mengantuk seperti menggosok mata oleh kedua tanggannya ataupun rewel dari biasanya.





Hal yang harus anda pelajari dalam menentukan pola tidur bayi pada usia 0-1 bulan yaitu mengajari perbedaan siang dan malam pada bayi anda. Anda dapat mengajak bayi anda untuk berinteraksi pada siang hari lebih lama ketimbang pada malam hari dengan dukungan dari cahaya dan kebisingan sehingga seiring bertambahnya usia bayi anda akan memahami perbedaan siang dan malam, sehingga lambat laun bayi anda akan mengetahui malam adalah waktu untuk beristirahat. Tidak hanya sekedar dalam menentukan pola tidur yang sehat sesuai dengan usia bayi akan tetapi tidur juga memberikan manfaat yang optimal apabila bayi dapat tidur dengan nyenyak. Tidur dapat dijadikan indikator dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi anda, bahkan tidur disebut sebut sebagai tumbuh kembang otak dalam meningkatkan kecerdasan, berakal dan juga berpikir jernih. Pada saat bayi anda sedang tidur 75% hormon pertumbuhan terjadi dalam merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan. Adapun bagi bayi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya maka akan mengalami penurunan daya tahan tubuh bayi yang mengakibatkan resiko infeksi meningkat, hal ini berhubungan dengan kadar sel darah putih yang menurun.



Berikut adalah tips untuk anda dalam memastikan pola tidur sehat pada usia 0 - 1 bulan :



1.    Anda dapat memastikan kondisi popok bayi anda dalam posisi kering sehingga bayi anda dapat tidur dengan nyenyak.



2.    Anda dapat melatih tidur bayi secara perlahan disesuaikan dengan usia bayi anda



3.    Anda dituntut untuk peka dalam mengenali gerakan bayi anda yang menunjukan tanda tanda mengantuk



4.    Pada hari pertama setelah kelahiran bayi anda, seringkali terbangun pada malam hari. Seiring dengan waktu pada usia bayi anda dua minggu, anda dapat mengenalkan perbedaan siang dan malam melalui cahaya dan kebisingan.



5.    Anda dapat membantu bayi anda dalam mengenali waktu tidurnya, letakan di tempa tidur ketika bayi anda mengantuk sekalipun mata bayi anda masih terbuka.



6.    Pada bayi yang baru dilahirkan, aktivitas yang sering dilakukan adalah tidur. Bahkan bayi yang baru lahir akan tertidur sepanjang hari, anda dapat memberikan ASI segera apabila bayi anda terbangun di waktu malam dan anda dapat memastikan untuk tidak menyalakan lampu yang terlalu terang. Jauhkan dari suara suara yang bising dan pastikan untuk tenang.







Sumber : Pola Tidur Sehat Bayi Usia 0-1 Bulan - Bidanku